Peran Public Relation dalam Membangun
Hubungan yang Saling Menguntungkan
Pembahasan
Pengertian
Public Relation menurut Frank Jefkins
Sebuah bentuk
komunikasi yang terencana baik itu kedalam maupun keluar antara suatu organisasi dengan semua
khalayaknya dalam mencapai tujuan spesifik yang berlandaskan saling pengertian.
Salah satu
fungsi PR yang paling utama yaitu mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi
tersebut dapat tercapai tidak terlepas dari peran - peran semua pihak baik itu
eksternal maupun internal.
Seperti yang
dikatakan oleh A. M Hoeta Soehoet
Tujuan Public
Relation agar internal dan eksternal public minimal tidak merugikan dan
maksimal member keuntungan yang terus menerus kepada organisasi atau
perusahaan.
Mengapa Pubic
Relation perlu berperan membangun hunungan yang saling menguntungkan?
Atas pengertian tersebut (menurut A. M Hoeta Soehoet) maka, peran
public Relation dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan sangatlah
dominan, karena dalam proses penjalinan hubungan sangatlah diperlukan yaitu komunikasi serta strategi – strategi
berupa kegiatan - kegiatan agar tercapai tujuan organisasi atau perusahaan.
peraranan PR dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan dibagi dalam empat kategori :
a.
PR sebagai penasehat ahli. (khusus
untuk pihak internal )
PR membantu karyawan dalam mencari solusi terhadap masalah yang
dialami oleh karyawan.
b.
Fasilitator komunikasi
Dalam hal ini praktisi PR bertindak sebagi komunikator atau mediator
untuk membantu pihak manajemen (termasuk pihak internal perusahaan) dalam hal
untuk mendengarkan apa saja yang diinginkan dan diharapkan oleh oleh pubiknya.
Dipihak lain PR juga harus mampu menjelaskan kembali keinginan, kebijakan dan
harapan organisasi kepada pihak public agar tercipta saling pengertian selanjutnya membentuk kerjasama yang baik dan
terciptanya hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan public.
c.
Fasilitator proses pemecahan
masalah
PR merupakan bagian dari tim manajemen. Hal ini dimaksudkan untuk
membantu pimpinan organisaibaik sebagai pemberi masukan ( nasehat0 hingga
mengambil tindakan ( keputusan) dalam mengatasi berbagai persoalan
d.
Teknisi komunikasi
Berbeda dengan
tiga peran diatas PR yang sebelum nya terkait dengan fungsi dan peran
mmanajemen. Disini PR berperan sebagai journalist in resident yang banyak
menyediakan layanan teknis komunikasi .
Menurut I GUsti
Ngurah Putra peran PR dalam membangun hubungan yang baik agar tercipta suatu
hubungan yang saling menguntungkan yaitu
PR diharapkan menjadi “ mata”, ,
“ telingan” serta “ tangan kanan dari manajemen dalam organisasi.
PR menjalin hubungan hubungan dengan pihak internal dan pihak
eksternal
1.
PR menjalin hubungan dengan
pihak internal
Pihak internal adalah public yang
menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri, yaitu
karyawan , pemegang saham dan keluarga karyawan. Membangun hubungan dengan pihak internal
bertujuan untuk perusahaan mendapatkan keuntungan tetapi tidak sedikitpun
memberikan kerugian. Arti nya bahwa hubungan yang saling menguntungkan dimana
perusahaan yang diwakili oleh PR membuat suatu strategi agar terwujud hubungan
sebagai berikut :
a.
Setiap karyawan dalam
perusahaan merupakan petugas informal PR (mereka dapat member informasi kepada
siapapun diluar organisasi).
Sikap dan perilaku karyawan dapat mempengaruhin nama baik atau citra
perusahaan.
Contoh kasus Andi adalah
karyawan di perusahhan X . Andi sering merasa tdak nyaman dengan suasana
pekerjaan di perusahaan X , kemudian ia
menceritakan ketidak nyamanannya itu kepada seorang teman. Sudah pasti andi
akan menceritakan ketidak nyamanannya itu dalam bentuk negatif dan secara
otomatis tangapan teman tersebut adalah negative tentang perusahaan.
Memecahkan hal seperti contoh kasus diatas, maka PR perlu melakukan
pendekatan kepada karyawan dalam bentuk sharing atau PR juga dapat membuat
semacam kotak saran untuk menampu ng opini karyawan yang tidak berani
mengungkapkannnya secara langsung, sehingga hal seperti contoh kasus diatas
tidak akan terjadi sehingga setiap karyawan dapat berperan aktif membantu PR
dalam mempertahaankan citra perusahan untuk mencapai tujuan perusahaan atau
organisasi.
b.
Hubungan dengan para pemegang
saham perusahaan
Dalam hubungan ini PR berperan secara aktif untuk menumbuhkan rasa
percaya dari pemegang sahan terhadap perusahaan, sehingga para pemegang saham
perusahaan memiliki rasa ikut memiliki ( sense of belonging) perusahaan.
Public Relation dalam hal ini dapat berperan mengadakan kegiatan –
kegiatan sepeti :
·
Memberi ucapan selamat kepada pemegang saham baru
·
Secara bertahap menyampaikan
laporan kegiatan dan perkembangan perusahaan
( PR menciptakan sikap
terbuka)
·
Mengirimkan majalah perusahaan
·
Mengundang pemegang saham untuk
hadir dalam pertemuan formal atau informal
·
Mengadakan open house
Melalui kegiatan
yang dibuat PR tersebut ditujukan agar pemegang saham percaya dan terus mau
bekerja sama dengan perusahaan. Sehinggga menciptahan hubungan yang saling
menguntungkan antara perusahan yang diwakili oleh PR dengan para pemegang
saham.
c.
Hubungan dengan keluarga
karyawan
Seorang Public relation perlu membangun hubungan tidak hanya dengan
karyawan, melainkan juga keluarga karyawan. Bentuk hubungan tersebut dapat
berupa kegiatan family gathering. Tujuan
dari kegiatan yaitu menumbuhkan keakraban keluarga dengan perusahaan, sehingga karyawan mendapat dukungan penuh
dari keluarga dalam pekerjaan di perusahaan, dukungan tersebut dapat
mempengaruhi kinerja kerja karyawan. Selain itu keluarga karyawan juga berfungsi
sebagai petugas informal perusahan.
2.
PR menjalin hubungan dengan
pihak eksternal
Public eksternal
adalah public secara umum yaitu pelanggan, masyarakat, pers atau media massa, distributor, pemerintah.
Membangun
hubungan dengan pihak eksternal bertujuan mempererat hubungan dengan public di luar
perusahaan baik yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung, guna terbentuknya opini public yang
menguntungkan dan memperoleh dukungan dari public tentang kebijakan perusahaan.
Dengan demikian
seperti yang dijelaskan diatas peran PR tersebut harus bersifat dua arah yaitu
berorientas ke dalam dan keluar.
Bentuk bentuk
kegiatan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan
a.
Hubungan dengan pelanggan
Menurut Lew Hawn : sukses besar yang diraih perusahaan disebabkan oleh pelanggan bukan
dari penjualan itu sendiri. Setiap barang dapat saja dijuat sekali kepada
seorang pembeli tetapi sebuah perusahaan dinilai sukses jika bisa meningkatkan pelanggannya.
Hubungan yang saling menguntungkan dalam hal ini dimana pelanggan
membutuhkan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan perusahhan berusaha
agar mempertahaan pelangggan. Untuk itu PR membuat berbagai kegiatan agar hubungan saling menguntungkan itu tetap
bertahan denagn cara :
·
Mengadakan survey sikap pembeli
·
Memberikan brosur, souvenir
atau kalender
·
Menyampaikan selamat atas apa
yang dialami pelanggan, misalnya hari Raya idul fitri atau natal dan lain lain.
b.
Hubungan dengan masyarakat
sekitar
Dilakukan dengan perusahaan ikut berpartisipasi aktif dengan
masyarakat sekitar, seperti PR
mengadakan atau melakukan kegiatan bakti sosial dll. Hal ini ditujukan agar
masyarakat mendukung aktifitas atau kebijakan yang dilakukan perusahaan.
c.
Hubungan dengan pers
Tidak dipungkiri Praktis PR dengan wartawan merupakan pekerjaan yang
saling membutuhkan, dimana PR
membutuhkan wartawan untuk memberitakan atau membantu PR dalam menyebarkan
informasi mengenai perusahaaan. Sedangkan secara bersamaan wartawan membutuhkan
berita untuk di publikasikan kepada masyarakat luas. Sehingga dua profesi
tersebut sering melakukan hubungan yang saling menguntungkan.
Dalam rangkan membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan
tersebut praktisi PR dapat melakukan kegiatan seperti
Press conference : mengundang pers keperusahaan untuk PR menyampaikan
informasi penting, biasa nya digunakan untuk mengatasi masalah besar.
Pers tour : mengundang
wartawan untuk berkeliling atau terjun langsung
kedalam kegiatan perusahaan, disini PR menjelaskan mengenai kegiatan
perusahaan sehingga tercipta persepsi yang baik dari wartawan dalam pemberitaan di media massa.
“Peran Public Relation dalam
Membangun Hubungan yang Saling Menguntungkan”
Kegiatan Humas

Tidak ada komentar:
Posting Komentar