Selasa, 22 Mei 2012

peran PR membangun Hub.saling menguntungkan


Peran Public Relation dalam Membangun Hubungan yang Saling Menguntungkan
Pembahasan
Pengertian Public Relation menurut Frank Jefkins
Sebuah bentuk komunikasi yang terencana baik itu kedalam maupun keluar  antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam mencapai tujuan spesifik yang berlandaskan saling pengertian.
Salah satu fungsi PR yang paling utama yaitu mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tersebut dapat tercapai tidak terlepas dari peran - peran semua pihak baik itu eksternal maupun internal.
Seperti yang dikatakan oleh A. M Hoeta Soehoet
Tujuan Public Relation agar internal dan eksternal public minimal tidak merugikan dan maksimal member keuntungan yang terus menerus kepada organisasi atau perusahaan.
Mengapa Pubic Relation perlu berperan membangun hunungan yang saling menguntungkan?
Atas pengertian tersebut (menurut A. M Hoeta Soehoet) maka, peran public Relation dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan sangatlah dominan, karena dalam proses penjalinan hubungan sangatlah diperlukan  yaitu komunikasi serta strategi – strategi berupa kegiatan - kegiatan agar tercapai tujuan organisasi atau perusahaan.
peraranan PR dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan  dibagi dalam empat kategori :
a.       PR sebagai penasehat ahli. (khusus untuk pihak internal )

PR membantu karyawan dalam mencari solusi terhadap masalah yang dialami oleh karyawan.

b.      Fasilitator komunikasi

Dalam hal ini praktisi PR bertindak sebagi komunikator atau mediator untuk membantu pihak manajemen (termasuk pihak internal perusahaan) dalam hal untuk mendengarkan apa saja yang diinginkan dan diharapkan oleh oleh pubiknya. Dipihak lain PR juga harus mampu menjelaskan kembali keinginan, kebijakan dan harapan organisasi kepada pihak public agar tercipta saling pengertian  selanjutnya membentuk kerjasama yang baik dan terciptanya hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan public.

c.       Fasilitator proses pemecahan masalah

PR merupakan bagian dari tim manajemen. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pimpinan organisaibaik sebagai pemberi masukan ( nasehat0 hingga mengambil tindakan ( keputusan) dalam mengatasi berbagai persoalan

d.      Teknisi komunikasi
Berbeda dengan tiga peran diatas PR yang sebelum nya terkait dengan fungsi dan peran mmanajemen. Disini PR berperan sebagai journalist in resident yang banyak menyediakan layanan teknis komunikasi .
Menurut I GUsti Ngurah Putra peran PR dalam membangun hubungan yang baik agar tercipta suatu hubungan yang saling menguntungkan yaitu  PR  diharapkan menjadi “ mata”, , “ telingan” serta “ tangan kanan dari manajemen dalam organisasi.

PR menjalin hubungan hubungan dengan pihak internal dan pihak eksternal
1.       PR menjalin hubungan dengan pihak internal

Pihak internal adalah public yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri, yaitu karyawan , pemegang saham dan keluarga karyawan.  Membangun hubungan dengan pihak internal bertujuan untuk perusahaan mendapatkan keuntungan tetapi tidak sedikitpun memberikan kerugian. Arti nya bahwa hubungan yang saling menguntungkan dimana perusahaan yang diwakili oleh PR membuat suatu strategi agar terwujud hubungan sebagai berikut :

a.       Setiap karyawan dalam perusahaan merupakan petugas informal PR (mereka dapat member informasi kepada siapapun diluar organisasi).
Sikap dan perilaku karyawan dapat mempengaruhin nama baik atau citra perusahaan.
Contoh kasus  Andi adalah karyawan di perusahhan X . Andi sering merasa tdak nyaman dengan suasana pekerjaan  di perusahaan X , kemudian ia menceritakan ketidak nyamanannya itu kepada seorang teman. Sudah pasti andi akan menceritakan ketidak nyamanannya itu dalam bentuk negatif dan secara otomatis tangapan teman tersebut adalah negative tentang perusahaan.

Memecahkan hal seperti contoh kasus diatas, maka PR perlu melakukan pendekatan kepada karyawan dalam bentuk sharing atau PR juga dapat membuat semacam kotak saran untuk menampu ng opini karyawan yang tidak berani mengungkapkannnya secara langsung, sehingga hal seperti contoh kasus diatas tidak akan terjadi sehingga setiap karyawan dapat berperan aktif membantu PR dalam mempertahaankan citra perusahan untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

b.      Hubungan dengan para pemegang saham perusahaan

Dalam hubungan ini PR berperan secara aktif untuk menumbuhkan rasa percaya dari pemegang sahan terhadap perusahaan, sehingga para pemegang saham perusahaan memiliki rasa ikut memiliki ( sense of belonging) perusahaan.
Public Relation dalam hal ini dapat berperan mengadakan kegiatan – kegiatan sepeti :
·         Memberi ucapan selamat  kepada pemegang saham baru
·         Secara bertahap menyampaikan laporan kegiatan dan perkembangan perusahaan
 ( PR menciptakan sikap terbuka)
·         Mengirimkan majalah perusahaan
·         Mengundang pemegang saham untuk hadir dalam pertemuan formal atau informal
·         Mengadakan open house
Melalui kegiatan yang dibuat PR tersebut ditujukan agar pemegang saham percaya dan terus mau bekerja sama dengan perusahaan. Sehinggga menciptahan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahan yang diwakili oleh PR dengan para pemegang saham.
c.       Hubungan dengan keluarga karyawan
Seorang Public relation perlu membangun hubungan tidak hanya dengan karyawan, melainkan juga keluarga karyawan. Bentuk hubungan tersebut dapat berupa kegiatan family gathering.  Tujuan dari kegiatan yaitu menumbuhkan keakraban keluarga dengan perusahaan,  sehingga karyawan mendapat dukungan penuh dari keluarga dalam pekerjaan di perusahaan, dukungan tersebut dapat mempengaruhi kinerja kerja karyawan. Selain itu keluarga karyawan juga berfungsi sebagai petugas  informal perusahan.


2.       PR menjalin hubungan dengan pihak eksternal

Public eksternal adalah public secara umum yaitu pelanggan, masyarakat, pers atau  media massa, distributor, pemerintah.
Membangun hubungan dengan pihak eksternal bertujuan  mempererat hubungan dengan public di luar perusahaan baik yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung,  guna terbentuknya opini public yang menguntungkan dan memperoleh dukungan dari public tentang kebijakan  perusahaan.
Dengan demikian seperti yang dijelaskan diatas peran PR tersebut harus bersifat dua arah yaitu berorientas ke dalam dan keluar.
Bentuk bentuk kegiatan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan
a.       Hubungan dengan pelanggan

Menurut Lew Hawn : sukses besar yang diraih  perusahaan disebabkan oleh pelanggan bukan dari penjualan itu sendiri. Setiap barang dapat saja dijuat sekali kepada seorang pembeli tetapi sebuah perusahaan dinilai  sukses jika bisa meningkatkan pelanggannya.
Hubungan yang saling menguntungkan dalam hal ini dimana pelanggan membutuhkan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan perusahhan berusaha agar mempertahaan pelangggan. Untuk itu PR membuat berbagai kegiatan  agar hubungan saling menguntungkan itu tetap bertahan denagn cara :
·         Mengadakan survey sikap pembeli
·         Memberikan brosur, souvenir atau kalender
·         Menyampaikan selamat atas apa yang dialami pelanggan, misalnya hari Raya idul fitri atau natal dan lain lain.

b.      Hubungan dengan masyarakat sekitar
Dilakukan dengan perusahaan ikut berpartisipasi aktif dengan masyarakat sekitar, seperti  PR mengadakan atau melakukan kegiatan bakti sosial dll. Hal ini ditujukan agar masyarakat mendukung aktifitas atau kebijakan yang dilakukan perusahaan.

c.       Hubungan dengan pers

Tidak dipungkiri Praktis PR dengan wartawan merupakan pekerjaan yang saling membutuhkan,  dimana PR membutuhkan wartawan untuk memberitakan atau membantu PR dalam menyebarkan informasi mengenai perusahaaan. Sedangkan secara bersamaan wartawan membutuhkan berita untuk di publikasikan kepada masyarakat luas. Sehingga dua profesi tersebut sering melakukan hubungan yang saling menguntungkan.

Dalam rangkan membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan tersebut praktisi PR dapat melakukan kegiatan seperti
Press conference : mengundang pers keperusahaan untuk PR menyampaikan informasi penting, biasa nya digunakan untuk mengatasi masalah besar.
Pers tour  : mengundang wartawan untuk berkeliling atau terjun langsung  kedalam kegiatan perusahaan, disini PR menjelaskan mengenai kegiatan perusahaan sehingga tercipta persepsi yang baik dari  wartawan dalam pemberitaan di media massa.















“Peran Public Relation dalam Membangun Hubungan yang Saling Menguntungkan”
Kegiatan Humas


                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar